Wednesday 15 November 2017

Apa itu "third wave coffee" ?

Pernah mendengar istilah third wave coffee?
Mungkin saat ini istilah tersebut sudah sering kita dengar, tetapi sebenarnya apakah itu?..jika ada third, pasti ada first dan juga second..ya betul! Ketiga fase tersebut bisa diartikan gelombang atau pergerakan.

First Wave / Fase Pertama
First wave dimulai sekitar tahun 1960an dimana kopi bukan lagi komoditi eksklusif yang bisa dinikmati oleh pejabat tinggi atau bangsawan. Pada fase ini kopi dapat dinikmati oleh setiap orang, dimana saja dan kapan saja.
Pada first wave citarasa kopi dikondisikan untuk dapat dikonsumsi secara masal sehingga penambahan gula dan creamer menjadi sangat populer saat itu. Di fase ini merk seperti Nestle, Folgers atau Maxwell menjadi idola bagi seluruh kalangan sejalan dengan kultur pada saat itu yaitu "kopi untuk dikonsumsi" harus terjangkau, cepat dan praktis.
Maxwell ads
Iklan Maxwell coffee


Second Wave / Fase Kedua
Second wave dimulai sekitar tahun 1970an. Di fase ini kopi mulai diperhitungkan kualitasnya dan mulai ditandai dengan munculnya kedai-kedai kopi yang menawarkan sajian espresso based dengan kualitas yang baik hingga menjadi minuman keseharian yang populer.
Pada fase second wave, kualitas biji kopi dan teknik penyeduhan mulai ditekuni, seperti penggunaan alat french press. Kultur pada second wave bergeser menjadi "kopi untuk dinikmati".
1980s coffee shop
Coffee shop mulai menjamur pada era second wave


Third Wave / Fase Ketiga
Third wave dimulai pada awal tahun 1990 hingga sekarang. Di fase ini penikmat kopi mulai ingin mengetahui lebih jauh mengenai kopi, baik asal, karakter, metode sangrai hingga teknik seduh yang bervariasi untuk memperoleh citarasa yang unik dari kopi.
Pada third wave mulai bermunculan berbagai macam alat seduh yang beragam seperti alat dripper atau portable espresso maker. Tidak ketinggalan pula profil rosting yang beranekaragam tingkatannya untuk dicoba.
Kultur yang terbentuk pada fase ini adalah "kopi untuk dihargai".
third wave tools
Alat seduh yang bervariasi pada era third wave


Apakah kita sudah berada di third wave yang menghargai kopi? atau masih di era first wave yang beranggapan kopi semua sama, tidak perlu ribet, instant dan pokoknya kopi?