Monday 9 October 2017

Perbedaan Cold brew dan ice coffee


Keduanya sama-sama disajikan dingin, tapi dimanakah letak perbedaannya?
Perbedaannya ada pada metode / teknik seduhnya.

1. Cold Brew (Kopi seduh dingin)
Cold brew dibuat dengan teknik seduh menggunakan air dingin (temperatur ruangan) yang kemudian diekstrasi selama 12 - 24 jam di dalam pendingin / chiller. Setelah terekstrasi filter dan ampas kopi dikeluarkan selanjutnya kopi siap disajikan dan mampu bertahan kurang lebih 2 minggu didalam pendingin.
Kini membuat cold brew menjadi lebih mudah dengan perangkat seperti Toddy atau Hario Mizudashi.

Hario cold brew maker
Hario Mizudashi

Toddy cold brew system
Toddy Cold Brew

Kelebihannya adalah kopi tahan lama, tidak mengalami watery, acidity rendah, rasa yang lembut. Kekurangannya adalah memerlukan kesabaran untuk dinikmati dan penggunaan air serta bubuk kopi yang lebih banyak.

2. Ice Coffee (Es Kopi)
Teknik membuat es kopi sangatlah banyak dipahami oleh orang awam, yaitu dengan menyeduh kopi secara normal menggunakan air panas (suhu kurang lebih 90°C) yang selanjutnya diberi es batu untuk disajikan dalam keadaan dingin.

es kopi
Es kopi
Kelebihan dari es kopi sendiri adalah mudah dan cepat membuatnya, menggunakan air dan kopi lebih sedikit (sesuai kebutuhan), aroma yang kuat dan lebih banyak antioksidan. Tips menikmati es kopi yaitu sebaiknya diselesaikan kurang dari 30 menit, karena es batu akan mencair dan kopi akan menjadi watery (encer dengan komposisi air jadi berlebih).

Jadi, mau pilih yang mana? 

No comments: