Thursday 23 February 2017

Flat White

Flat White
Flat White (Doc. wikipedia)

Jika diartikan minuman kopi ini berarti "Putih datar". Hmmm...sangat tidak menarik dan mungkin sedikit aneh kedengarannya.

Jika sobat pernah mengunjungi coffee shop tentunya tidak asing dengan menu seperti Cappuccino ataupun Latte, saat melihat kebawah lagi pada daftar menu kemudian ada lagi yang namanya Flat White. Minuman seperti apakah itu?
Sama halnya dengan cappuccino ataupun Latte, Flat White adalah minuman dengan bahan dasar Espresso ditambahkan susu yang di-frothing (dipanaskan / dikentalkan / berbusa). Tentu saja ketiganya memiliki perbedaan walau sekilas tampak sama.

Perbedaan Cappuccino, latte dan Flat White
Cappuccino
Cappuccino adalah minuman tradisional Italia yang berbahan dasar Espresso, steam milk (susu panas) dan Milk Frothing (busa susu) serta di-finishing dengan garnish bubuk coklat. Akan dikatakan Cappuccino apabila minuman tersebut memiliki 3 struktur layer yang sama, yaitu :
Cappuccino
Cappuccino

1/3 Espresso
1/3 Steam Milk
1/3 Froth Milk







Latte
Latte adalah minuman dengan komposisi yang sama dengan Cappuccino, hanya saja susu untuk membuat Latte di-frothing sedemikian rupa sehingga memunculkan micro foam sehingga foam pada Latte lebih halus dan tipis dibandingkan Cappuccino. Latte juga memiliki ciri khas pada tampilannya yang menonjolkan seni hias Latte (Latte Art).
Latte Art
Latte











Flat White
Serupa tapi tak sama dengan dua varian sebelumnya, Flat White biasanya disajikan  tanpa atau dengan foam. Micro foam yang dibuat saat mem-frothing susu lebih halus dan tipis jika dibandingkan dengan Latte namun tetap terasa.

Infografis Perbedaan Cappuccino, Latte dan Flat White
Sumber : ilovecoffe.jp

Asal Mula Flat white
Pastinya ada cerita dan sejarah mengenai asal muasal minuman ini, seperti yang dikutip Wikipedia bahwa sejarah awal minuman ini adalah berasal dari Australia yang mulai diperkenalkan awal tahun 1980, dimana Alan Preston selaku pemilik Moors Espresso Bar di Sydney secara permanen menambahkan minuman ini (Flat White) pada menu yang disajikan. Selain itu Melbourne mengklaim bahwa minuman ini adalah pengaruh dari imigran Italia yang hijrah ke Australia setelah Perang Dunia Kedua dan mulai memperkenalkan mesin espresso di Tahun 1950.

Ada juga cerita / klaim berbeda, bahwa Flat white berasal dari Wellington, Selandia Baru. Klaim ini menyatakan bahwa Flat white dibuat secara tidak sengaja dari pembuatan Cappuccino yang gagal di Cafe Bodega, Willis St pada tahun 1989.

Selain itu ada juga klaim bahwa Flat White berasal dari Auckland pada tahun 1984 yang dibauat oleh Derek Townsend dan Darrell Ahlers Cafe DKD, sebagai alternatif Latte Italia.

...Oke, apapun sejarah dan ceritanya yang sampai sekarang belum pasti klaim mana yang benar, minuman ini tetap enak dengan racikan Barista di masing-masing negara dengan rasa kopi yang kuat disertai kelembutan.

Salam

No comments: